Blog tentang kumpulan tips cara belajar seo, membuat video, mendapatkan uang dari internet serta info teknologi terbaru yang menarik lainnya

Breaking

Saturday, December 2, 2017

Google AdSense

Apa Itu Google AdSense?

Google Adsense adalah suatu program iklan online yang dipunyai oleh perusahaan raksasa internet. Google menawarkan program Adsense ini kepada semua orang yang memiliki konten pada website atau blog.



Dari manakah para peng-iklan datang?

Selain program Google Adsense, Google juga memiliki program periklanan yang disebut dengan program Google Adwords. Google Adwords adalah suatu program periklanan online yang diperuntukan bagi orang-orang yang memiliki bisnis dan ingin mengiklankannya di internet melalui mesin pencari Google (www.google.com) atau melalui jaringan website/blog yang mengikuti program Google Adsense. Jadi orang-orang yang beriklan di Google Adwords nantinya iklan mereka akan muncul pada website/blog orang-orang yang mengikuti program Google Adsense.

Bagaimanakah Sistem Program Google Adsense?

Program Google Adsense adalah jenis periklanan online dengan sistem Pay Per Click (PPC). Dalam sistem PPC ini seorang publisher Google Adsense akan mendapatkan komisi jika iklan Adsense yang ditampilkan pada website/blog mereka diklik oleh pengunjung yang memang tertarik pada iklan yang muncul pada website/blog tersebut. Jadi jika ada pengunjung yang melihat iklan Google Adsense kemudian pengunjung tersebut tertarik pada suatu iklan dan meng-klik-nya, maka sipemilik website/blog tersebut akan mendapatkan komisi. Komisi per-klik dari iklan Adsense sangat bervariasi tergantung seberapa besar pengiklan (advertiser) ingin membayar untuk iklan mereka pada program Google Adwords, mulai dari yang terendah yaitu sekitar $0,01/klik hingga beberapa dollar
per-kliknya. Saya sendiri sangat sering mendapatkan nilai klik yang cukup tinggi  antara $0,5 hingga $7/klik-nya, menarik bukan?

Contoh kasus:

Saya punya sebuah blog yang memiliki jumlah pengunjung rata-rata sebanyak 500 orang/hari. Dari 500 pengunjung blog tersebut saya memperoleh CTR (Click Through Rate/Persentase Konversi Klik) sebesar 10%, yang artinya 500 x 10% = 50 klik (artinya dari total 500 orang pengunjung blog hanya ada 50 pengunjung saja yang meng-klik iklan Adsense).

Misalkan rata-rata komisi iklan per-kliknya adalah $0,50/klik, berarti penghasilan saya sehari dari blog tersebut adalah 50 klik x $0,50 = $25/hari ~ hampir senilai Rp. 250.000/hari. Ini adalah penghasilan dari 1 blog, bayangkan jika Anda punya 4 blog saja, berarti $25 x 4 blog = $100/hari ~ hampir senilai Rp 1 juta/hari. Berarti dalam 1 bulan bisa mendapatkan $100 x 30 hari = $3000 ~ hampir senilai Rp. 30 juta/bulan. Jumlah uang bulanan yang lumayan besar bukan? Jadi dalam program Google Adsense ini, semakin banyak konten pada blog Anda maka kemungkinan akan semakin banyak pula pengunjungnya, dan jika pengunjungnya semakin banyak, maka penghasilan Adsense Anda pun kemungkinan akan semakin besar. Konten blog bisa berupa artikel, gambar, video, dan informasi lainnya yang bermanfaat bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment