Blog tentang kumpulan tips cara belajar seo, membuat video, mendapatkan uang dari internet serta info teknologi terbaru yang menarik lainnya

Breaking

Thursday, December 27, 2018

Pengenalan HTML

Yooo Sahabat Zamm semua semoga hari kalian selalu ceria, kali ini saya akan mengasih tahu apa itu HTML.

Mungkin kita sudah sering dengar HTML namun kebanyakan dari kita hanya sekedar tahu, namun ketika orang bertanya tentang HTML kita hanya mengira-ngira  artinya heee semoga postingan kali ini bisa menambah wawasan kita tentang apa itu HTML.


HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML merupakan kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah kumpulann text murni yang dapat dibuat dengan berbagai editor text apa saja. Dokomen HTML ini dikenal sebagai web page.

Umumnya file HTML berekstensi .html atau .html, nama file / dokumen HTML boleh kombinasi antara huruf kecil dan huruf besar. Tetapi umumnya, di internet suatu file HTML ditulis dengan menggunakan huruf kecil. ini dikarenakan ada beberapa sistem operasi yang membedakan antara huruf kecil dan huruf besar.

Dokumen HTMLdisusun oleh elemen", elemen ini merupakan istilah bagi komponen" dasar pembentuk dokumen HTML. Beberapa contoh elemen adalah : head, body, table, paragraf, dan list.

TAG HTML

Setiap penandaan elemen dari komponen dari dokumen HTML menggunakan tag. Tag HTML diawali dengan sebuah tanda lebih kecil ( < ), nama tag dan diakhiri tanda lebih besar ( > ) contoh <hr>. Penulisan nama tag boleh kombinasi antara huruf kapital dan huruf kecil. 

Ada banyak jenis tag yang diharuskan berpasangan, tag yang berpasangan diawali dengan <nama tag> dan kemudian di bagian akhir ditutup dengan </nama tag> . Contoh <marquee> ini text berjalan</marquee>, elemen tersebut merupakan perintah untuk membuat suatu text yaitu text "ini text berjalan" agar berjalan kaya iklan heee. Tag ini tidak berpasangan diantaranya perintah <hr> yaitu untuk membuat garis vertikal (horizontal rule), <br> yaitu untuk pindah baris.

ELEMEN DASAR HTML

Elemen-elemen dasar yang digunakan untuk membuat suatu dokumen HTML adalah taq <html> dan </html>, tag <head> dan </head>, tag <title> dan </title>, dan tag <body> dan </body>.
Struktur dasar dari dokumen HTML adalah sebagai berikut.


Elemen <html> dan </html> merupakan suatu tag yang menunjukan bahwa dokumen tersebut merupakan dokumen HTML. Elemen <head> dan </head> merupakan yang berisi pengenalan informasi tentang dokumen tersebut, diantara tag inilah kita menuliskan judul <title> dari dokumen web. Elemen <body> dan </body> merupakan tag yang menandakan awal dan akhir dari badan dari dokumen html. Tag <title> dan </title> digunakan untuk menulisakan judul di bagian atas (caption) dari web browser. Jika tag title tidak ditulis, maka yang tertulis di dalam caption web browser adalah alamat dari nama file yang sedang di browser.


Demikian penjelasan tentang HTML semoga bermanfaat buat sahabat semua oh iya apabila ada yang ingin ditanyakan atau kritikan silahkan tinggal kan komentar nya yaa....

Salam Sukses Berjamaah

1 comment: